PENGARUH KEPRIBADIAN, LINGKUNGAN KELUARGA, DAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA (Studi Pada Siswa-Siswi Kelas XII SMK Bina Insan Mandiri)

Dewi Fitrianti, Lisnatiawati Saragih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepribadian, lingkungan keluarga, dan pendidikan kewirausahaan terhadap intensi berwirausaha (studi kasus pada siswa-siswi kelas xii SMK Bina Insan Mandiri). Populasi dalam penelitian ini berjumlah 256 siswa kelas xii. Sampel yang digunakan adalah sebanyak 156 responden, dihitung berdasarkan rumus Slovin. Metode penarikan sampel menggunakan sampel random sederhana. Metode pengumpulan data menggunakan metode survey, dengan instrumen penelitian adalah kuesioner. Metode analisis data menggunakan Partial Least Square. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kepribadian berpengaruh positif signifikan terhadap variabel intensi beriwirausaha. Lingkungan keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel intensi berwirausaha. Pendidikan kewirausahaan berpengaruh positif signifikan terhadap variabel intensi berwirausaha.


Keywords


kepribadian, lingkungan keluarga, pendidikan kewirausahaan, intensi berwirausaha

Full Text:

PDF

References


Adnyana, I.G.L., & Purnami, N.M. (2016). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Self Efficacy dan Locus Of Control Pada Niat Berwirausaha. E_Jurnal Manajemen Unud, 5 (2), 1160-1188. ISSN: 2302-8912.

Aladejebi, O. (2018). The Effect of Entrepreneurship Education on Entrepreneurial Intention among Tertiary Institutions in Nigeria. Journal of Small Business and Entrepreneurship Develepmont, 5 (2). ISSN: 2333-6374/2333-6382.

Alma, B. (2017). Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.

Amalia H.N., & Hadi S. (2016). Pengaruh Prestasi Dan Lingkungan Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Jurusan Pemasaran. Economic Education Analysis Journal, 5 (3), 761-773. ISSN: 2252-6544/2502-356X.

Anggraeni, B., & Harnanik. (2015). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI SMK Islam Nusantara Comal Kabupaten Pemalang. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, 10 (1), 42-52.

Anggraeni, D.A.L., & Nurcahya, I.N. (2016). Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Niat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana ( Unud ), Bali, Indonesia Pengangguran, Kemiskinan, dan Kesenjangan Sosial Merupakan Masalah Yang Sering Dihadapi Oleh Negara Indonesia Sehingga Menjadi Tantangan be. E-Jurnal Manajemen Unud, 5(4), 2424–2453.

Ayuo, A. O., Kibas, P., & Auka, D. (2017). Entrepreneurship Education, Personalityv Traits, and Entrepreneurial Intention of Engineering Students in Technical and Vocational Education and Training Institutions in Kenya, Journal of Economics and Sustainable Development, 8 (22), 148-158. ISSN: 2222-1700/2222-2855

Badan Pusat Statistik. Berita Resmi Statistik. Februari, 2016-2018, Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT). Diunduh dari: https://www.bps.go.id/pressrelease/2018/05/07/1484/februari-2018--tingkat-pengangguran-terbuka--tpt--sebesar-5-13-persen--rata-rata-upah-buruh-per-bulan-sebesar-2-65-juta-rupiah.html pada 23 Oktober 2018.

Caska, N., & Indrawati, H. (2018). Analysis of Factors Affecting Entrepreneurial Interest of Vocational High School Students in Pekanbaru, Journal of Educational Sciences, 2 (2), 42-51. ISSN: 2581-1657/2851-2203.

Djaali. (2015). Psikologi Pendidikan. Edisi Satu, Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Efendi, M., Y., Patriasih, R., & Setiawati, T. (2018). Minat Intrinsik dan Ekstrinsik Wirausaha Pada Siswa SMK Negeri 9 Bandung. Media Pendidikan, Gizi, dan Kuliner, 7 (2), 51-56.

Fajar, S. A., & Heru, T., (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Fauziah, N. (2018). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Self Efficacy dan Karakter Wirausaha Terhadap Minat Berwirausaha. E-Journal Administrasi Bisnis, 6 (3), 918-929. ISSN: 2355-5408.

Ghozali, I. (2013). Desain Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif :untuk Akuntansi, Bisnis dan Ilmu Sosial Lainnya. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial Least Squares, Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program Smartpls 3.0 untuk Konsep Penelitian Empiris. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ika, D. A. R., Fitriana, S., & Setiawan, A., (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Minat Kewirausahaan Siswa Kelas Xi Di Smk Texmaco Pemalang, 5 (1), ISSN: 2406-8691.

Indriyani, L. & Margunani (2018). Pengaruh Kepribadian, Pendidikan Kewirausahaan, dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha. Economic Education Analysis Journal, 7 (3). ISSN: 2252-6544/2502-356X.

Kasmir. (2016). Kewirausahaan. Edisi Sebelas, Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Kreitner, R., & Kinicki, A. (2014). Perilaku Organisasi. Edisi Sembilan, Jakarta: Salemba Empat.

Mahfudiyanto. (2018). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Dalam Lingkungan Sekolah Terhadap Minat Berwirausaha Melalui Self-Efficacy (Studi Pada Siswa Kelas XII MAN 1 Jombang). Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirausahaan, Bisnis, dan Manajemen (JPEKBM), 2 (1), 13-24. E-ISSN: 2581-0707.

Meinawati, N. (2018). Pengaruh Latar Belakang Keluarga Dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Intensi Berwirausaha Melalui Efikasi Diri. Indonesian Journal of Economics Education, 1 (1), 55-64. ISSN: 2615-5060/2615-5001. DOI: 10.17509/jurnal.ijee.

Merdekawaty, A., & Ismawati. (2016). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Universitas Samawa Sumbawa Besar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2016, 424-433. ISBN: 978-602-61182-0-2.

Mundiah, L. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Intensi Berwirausaha. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 6 (2).

Noor & Juliansyah (2011). Metodologi Penelitian, Jakarta: Prenada Media Group.

Nusannas, I. S., (2018). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Wirausaha (Studi Kasus Mahasiswa Perguruan Tinggi Ekonomi Di Purwakarta). Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 9 (1), 90-99. ISSN: 2503-4413.

Parashakti, Ryani, D. (2015). Perbedaan Gaya Kepemimpinan Dalam Perspektif Maskulin dan Feminin. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 1 (1), 92-101.

Prianto, A., Zoebaidha, S., Sudarto, A., & Hartati, R., S. (2018). Menakar Efektifitas Pola Pembelajaran Kewirausahaan Dalam Menumbuhkan Kompetensi dan Minat Berwirausaha Peserta Didik SMK di Jawa Timur. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 4 (1), 215-228. ISSN: 2443-1923.

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2017). Perilaku Organisasi, Edisi Enam Belas. Jakarta: Salemba Empat.

Ruswati, I. (2018). Faktor Eksternal dan Faktor Internal Terhadap Minat Berwirausaha Pada Siswa SMK Yayasan Pendidikan Islam Darussalam Cerme Gresik. Jurnal Riset Enterpreneurship, 1 (2), 38-52. E-ISSN: 2621-153X.

Sarlito, W. (2011). Psikologi Remaja; Edisi Revisi. Rajawali Pers. Jakarta.

Sari, N. (2018). Analisis Pengaruh Kepribadian, Lingkungan Keluarga, dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Kewirausahaan (Studi Kasus Pada Siswa/i SMK Purnama 1 Jambi). Jurnal Ilmu Manajemen, 5 (1). ISSN: 2355-6099/2620-6188.

Siswadi, Y. (2013). Analisis Faktor Internal, Faktor Eksternal, dan Pembelajaran Kewirausahaan yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Dalam Berwirausaha. Berwirausaha. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 13 (1), 1-17. ISSN: 1693-7619.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suryana, & Yuyus. (2013). Kewirausahaan. Kencana. Jakarta.

Susanto, S.C. (2017). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Pendidikan Kewirausahaan, Dan Efikasi Diri Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 2 (3), 277-286.

Yunio, E.R., & Hidayatullah, D.S. (2018). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Kepribadian Dan Pendidikan Terhadap Minat Berwirausaha (Studi Pada Mahasiswa Program Studi Mbti Universitas Telkom Tahun Akademik 2016/2017). E-Proceeding of Mnanagement, 5 (2), 1901-1909. ISSN: 2355-9357.

Zimmerer, T.W., Scarborough, N.M., & Wilson, D. (2009). Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil, Edisi Lima Buku Satu, Salemba Empat. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/jfm.v1i1.9911

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Journal of Fundamental Management (JFM)