EVALUASI SISTEM ANTRIAN INSTALASI FARMASI RAWAT JALAN DALAM MENENTUKAN JUMLAH ASISTEN APOTEKER OPTIMAL PADA INSTALASI FARMASI RAWAT JALAN SILOAM HOSPITALS KEBON JERUK

Hesti Maheswari, Sigit Himawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi optimalisasi pelayanan farmasi pada Instalasi Farmasi
Rawat Jalan Siloam Hospitals Kebon Jeruk dengan pendekatan queuing theory dalam rangka meningkatkan
kecepatan pelayanan. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan yang datang dan masuk dalam sistem
antrian pada Instalasi Farmasi Rawat Jalan Siloam Hospitals Kebon Jeruk, dan pemberi layanan (Asisten
Apoteker). Sampel dalam penelitian ini adalah semua pelanggan yang datang mengantri atau masuk dalam
sistem antrian pada periode penelitian selama 6 hari kerja. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
secara observasi. Metode analisis data dilakukan dengan menggunakan uji Goodness Of fit untuk mengetahui
apakah jumlah kedatangan pelanggan berdistribusi Poisson.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pola kedatangan pelanggan mengikuti pola distribusi
poisson. Pola pelayanan pelanggan mengikuti distribusi exponential. Dari perhitungan yang dilakukan dengan
menggunakan tambahan 2 orang asisten apoteker untuk mendapatkan waktu yang optimal sesuai harapan
pelanggan.


Keywords


antrian; optimalisasi; pelayanan; pelayanan farmasi;

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.22441/jimb.v2i3.3832

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis



Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215871335

ISSN: 2460-8424
E-ISSN: 2655-7274


http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/jimb

This journal is indexed by:

   

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Web
Analytics Made Easy - StatCounter
View My Stats