KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN MY PERMATA WISATA :SERVQUAL MODEL

Hamdan Hamdan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dimensi kualitas pelayanan yang mempengaruhi kepuasan dan implikasinya terhadap loyalitas pelanggan My Permata Wisata. Pemilihan dan pengambilan sampel menggunakan teknik systematic random sampling dan quota sampling dari 162 peserta wisata. Metode analisa data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan program Linear Structural Relations (LISREL). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk fisik dan empati berpengaruh singnifikan terhadap kepuasan, sementara kepuasan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan secara signifikan. Sedangkan responsif, keandalan dan jaminan tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap kepuasan. Potensi sektor pariwisata memiliki peluang besar dalam mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia ke depannya. Oleh karena itu, kejelasan kinerja pelayanan My Permata Wisata dapat diimplementasikan dalam pengambilan keputusan strategi pemasaran ke depannya, sehingga menjadikan perusahaan terus tumbuh dan berkelanjutan ke depannya.


Keywords


bentuk fisik; daya tanggap; empati; jaminan; kepuasan; loyalitas; responsif

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.22441/jimb.v4i2.3979

Refbacks



Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis



Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215871335

ISSN: 2460-8424
E-ISSN: 2655-7274


http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/jimb

This journal is indexed by:

   

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Web
Analytics Made Easy - StatCounter
View My Stats