PEMODELAN ARSITEKTUR ENTERPRISE MENGGUNAKAN METODE TOGAF ADM STUDI KASUS CV. KAHURIPAN TEKNOLOGI NUSANTARA

Rahmat Rian Hidayat, Saruni Dwiasnati, Kamal prihandani

Abstract


CV.Kahuripan Teknologi Nusantara merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang konsultan Teknologi Informasi yang dapat membantu menemukan solusi terbaik untuk sebuah bisnis yang sedang berkembang pada saat ini dan masa depan. Untuk  meningkatkan pengembangan perangkat lunak (Software) dan perangkat keras (hardware), baik perangkat lunak berbasis desktop, berbasis website dan berbasis mobile, selain pengembangan perangkat lunak  juga melayani pengolahan data menjadi informasi untuk meningkatkan daya saing bisnis serta hadir sebagai konsultan Teknologi Informasi yang dapat membantu anda menemukan solusi terbaik. Enterprise  Arsitekture Planning (EAP) merupakan salah satu metodologi  melihat unsur secara keseluruhan  dalam perusahaan,  di mana EAP akan menentukan  arsitektur  untuk penggunaan  informasi  dalam mendukung  bisnis  dan rencana  implementasi  arsitektur  di sebuah  perusahaan  / organisasi. Disinilah dibutuhkan peranan dari arsitektur enterprise yang mendukung dari aktivitas bisnis utama serta bisnis pendukung yang dilakukan oleh perusahaan. Terdapat banyak framework yang dapat dipergunakan dalam perancangan sebuah enterprise untuk mendukung jalannya sistem disebuah enterprise tersebut. Pada kasus penelitian ini mencoba mengambil Framework TOGAF (The Open Group Architecture Framework) dengan metode ADM (Architecture Development Methode). Pada penelitian ini komponen architecture yang difokuskan terdiri dari Architecture Vision, Business Architecture, dan Information System Architecture. Pada penelitian kali ini, perencanaan arsitektur enterprise dibuat menggunakan TOGAF (The Open Group Architecture Framework) dengan metode ADM (Architecture Develoment Method). Perencanaan arsitektur enterprise ini akan menghasilkan blueprint arsitektur bisnis, arsitektur aplikasi, arsitektur data, dan arsitektur teknologi pada setiap arsitektur, serta roadmap implementasi aplikasi untuk CV Kahuripan Teknologi Nusantara.

Keywords


Enterprise Arsitekture Planning; Framework TOGAF; Metode Architecture Development Methode.

Full Text:

PDF

References


A. H. Mubarok., and N. Damacita, "Perancangan Enterprise Architecture untuk Pembuatan Blueprint Teknologi Informasi Rumah Sakit" Prosiding–Seminar Nasional Ilmu Komputer, Vol.1. No. 7., 2013.

KustiyaningsihYeni, Perencanaan Arsitektur Enterprise menggunkan TOGAF ADM(studi kasus : RSUD dr.soegiri lamongan), 2013

Jogianto. HM. (2005). “Analisis Dan Desain”. Yogyakarta : Penerbit ANDI

O’Brien. J. 2005. Pengantar Sistem Informasi Perspektif Bisnis dan Manajerial. Edisi 12. Salemba Empat. Jakarta

Rosyidi Rahman, Purwadi, Perancangan Pengembangan Arsitektur Sistem Informasi Akademik Dengan Menggunakan Togaf (Studi Kasus Stimik Amikom Perwekerto), 2014

Sanny, M. Y., Sya’roni. D. A. W., Suryana. T. (2012) “Enterprise Architecture PlanningSistem Informasi Puskesmas Pasirkaliki”. Majalah Ilmiah UNIKOM. Vol. 10, No. 1.

Sasmito, W. S, (2013) “Anual Performace Planning System With Enterprise Architecture Modelling The Secretariat Of The Central Java Province Parliament Used Frame Work TOGAF”, International Journal of Science and Humanity Vol. 3 No. 4, 2013.

S. Ahmad, "Strategi Perencanaan Dan Penerapan Teknologi Informasi Menggunakan Kerangka Togaf Versi 9:

Studi Kasus SMKN XYZ", Faktor Exacta 8.4, 2015, 392-399.

Setiawan, Erwin Budi. 2009. Perencanaan Strategis Sistem Informasi IT Telkom untuk Menuju World Class University. Yogyakarta. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2009 (SNATI 2009).

Surendro, Kridanto. 2009. Pengembangan Rencana Induk Sistem Informasi. Bandung.Informatika.

Yunis, R., Surendro, K. (2009). Perancangan Model Enterprise Architecture dengan TOGAF Architecture Development Method, Prosiding SNATI, ISSN : 1907-5022, (UII, Yogyakarta), E25-E3.

Ward, J., Peppard ,J., (2002). Strategic Planning For Information Systems 3rd Ed., UK:John Wiley & Sons,Ltd.,

Widyaningsih Novia, Perencanaan Arsitektur Enterprise menggunakan TOGAF Versi 4Studi Kasus : Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/jitkom.v6i2.007

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmu Teknik dan Komputer

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Jurnal Ilmu Teknik dan Komputer
Alamat Redaksi :
Pusat Penelitian Universitas Mercu Buana Jakarta,
Gedung D Lantai 1, Jalan Meruya Selatan No. 01, Kembangan, Jakarta Barat 11650.
Telepon 021-5840816 Pesawat 3451 Fax. 021-5840813.
Homepage : http://www.mercubuana.ac.id Email : [email protected]
P-ISSN 2548-740X
E-ISSN 2621-1491

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter
View My Stats