STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MITRA USAHA GRAB DALAM MEMPERTAHANKAN MINAT PELANGGAN DI MASA PANDEMI COVID 19

Bari Santoso, Irmulansati Tomohardjo

Abstract


Pandemi dan penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) telah dinyatakan oleh World Health Organization (WHO) sebagai Global Pandemic. Pandemi COVID-19 tidak hanya berdampak pada kesehatan masyarakat, tetapi juga memengaruhi kondisi perekonomian, pendidikan, dan kehidupan sosial masyarakat. Untuk menekan angka lonjakan covid 19 seluruh sektor Non esensial diwajibkan untuk bekerja dari rumah (Work From Home). Dari segi UMKM yang berada di mall berusaha untuk tetap bangkit, meskipun perekonomian menurun drastis dengan adanya kebijakan mall ditutup sementara. Dalam menangani masalah tersebut, diperlukan sebuah strategi komunikasi untuk mempertahankan minat pelanggan di masa pandemic covid 19.

Tujuan penelitian ini adalah untuk merumuskan strategi komunikasi pemasaran dalam rangka mempertahankan minat pelanggan di masa pandemic covid 19 khususnya yang berada di mall. Penelitian ini menggunakan teori strategi komunikasi yang dicetuskan oleh Chriss Fill. Penelitian ini juga menggunakan metode kualitatif melalui Paradigma Konstruktivisme menyatakan bahwa realitas itu ada dalam beragam bentuk konstruksi mental yang didasarkan pada pengalaman sosial, bersifat lokal dan spesifik, serta tergantung pada pihak yang bersangkutan. Penelitian ini juga menggunakan case study research pendekatan (studi kasus). Instrumental tunggal Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan

bahwa mitra usaha grab waffelicious Penelitian dengan menggunakan teori strategi komunikasi yang dicetuskan oleh Chriss Fill (Pull Strategy, Push Strategy dan Profile Strategy). Adapun mitra usaha grab waffelicious lebih menekankan pull strategy dengan advertising memberikan penawaran promosi melalui media cetak dan media sosial.Selain itu memberikan pelayanan yang terbaik dengan melakukan pendekatan pelanggan dalam personal selling.


Keywords


Pandemi, Strategi, Komunikasi, Covid 19, minat

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


MEDIAKOM Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi
Magister Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215871335
p-ISSN: 1979-0139
e-ISSN: 2597-4793
http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/mediakom



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

 

The Journal is Indexed and Journal List Title by: