POSTER GREENPEACE DITINJAU BERDASARKAN ASPEK DESAIN KOMUNIKASI VISUAL

Fachrul Rozi Ramadhan, Fuad Erdansyah, Adek Cerah Kurnia Azis

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan aspek Desain Komunikasi Visual pada poster Greenpeace. Penelitian ini berjenis penelitian kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan tinjauan desain. Populasi penelitian sebanyak 3 poster Greenpeace. Sampel yang digunakan terdiri dari 3 poster dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan studi pustaka, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian secara keseluruhan menunjukkan bahwa poster Greenpeace termasuk dalam kategori sangat baik dalam penerapan tipografi, warna, dan ilustrasi. Penerapan tipografi yang baik dapat dilihat dari legibility dan readability yang baik, dihasilkan dari bentuk huruf yang sesuai dan penggunaan warna yang kontras pada teks. Kemudian penerapan warna yang baik tidak terlepas dari warna yang kontras dan sesuai antara objek ilustrasi dan tipografi dengan background, serta menggunakan perpaduan warna yang harmonis. Berikutnya penerapan ilustrasi yang sangat baik dapat dilihat dari penggunaan ilustrasi yang mampu menjadi point of interest dan dapat menyampaikan pesan dengan baik. Simpulannya, poster Greenpeace sudah sangat baik dalam menerapkan aspek tipografi, warna, dan ilustrasi. Disarankan agar pembaca menjadikan poster Greenpeace sebagai referensi untuk membuat desain poster yang baik.

Keywords


Poster; Greenpeace; Tipografi; Warna; Ilustrasi

Refbacks



NARADA: Jurnal Desain & Seni

Fakultas Desain dan Seni Kreatif
Universitas Mercu Buana
Gedung E Lantai 4
Jl. Raya Meruya Selatan no.1, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215871335

Journal International Standard Serial Number (ISSN) Registration:

 

The Journal is indexed by:

Tools for Citations & Plagiarism Detection:

 
 

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional