ANALISIS TEKNIK DAN PERKEMBANGAN BUKU POP-UP

Diean Arjuna D, Brenda Febry Ardiansyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui tehnik-tehnik serta perkembangan buku pop-up sebagai media komukiasi visual yang lebih inovatif dalam memberikan informasi. Pemanfaatan buku pop-up sebagai sarana untuk melatih otot motorik anak-anak dengan membuka dan menutup ataupun menggerakkan gambar pada buku pop-up, hal tersebut sangat bermanfaat pada anak-anak karena buku ini memiliki dimensi dibandingkan dengan buku ilustrasi pada umumnya. Selain itu Buku pop-up mampu mengajarkan anak untuk lebih menghargai buku dan memperlakukannya dengan lebih baik, dan mampu mengembangkan kreatifitas anak, merangsang imajinasi anak, menambah pengetahuan hingga memberikan penggambaran bentuk dan pengenalan suatu benda. Buku pop-up mempunyai manfaat dan telah dipergunakan untuk sarana pembelajaran sejak abad ke-13. Pada abad ke-13, buku dengan elemen mekanik diciptakan untuk sarana pembelajaran orang dewasa. Seorang biarawan Inggris bernama Matthew Paris, dipercaya menjadi orang pertama yang memikirkan alat movable book (yang kemudian lebih dikenal dengan sebutan pop-up book), dengan teknik volvelles, untuk menghitung hari raya umat Kristian ditahun yang akan datang. Teknik volvelles, berbentuk lingkaran dengan gambar ditengahnya, dengan mengikatkan tali atau kawat pada paku ditengahnya dapat berputar pada porosnya.


Keywords


Perkembangan pop-up; teknik; buku

References


Birmingham, D. (2006). Pop-Up a Manual of Paper Mechanisms. United Kingdom: Tarquin Publications.

Devi, D.C. (2015). Efektifitas Media Pop-Up Book Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Cerita Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas I Sekolah Dasar Brawijaya Smart School Malang. Skripsi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Malang: Universitas Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Desain Grafis Indonesia. (2014, 16 Januari). Sekilas tentang Pop-Up, Lift the Flap, dan Movable Book. Diambil dari: https://dgi.or.id/read/observation/sekilas-tentang-pop-up-lift-the-flap-dan-movable-book.html

Hendratman, H. (2017). Computer Graphic Design. Bandung: Informatika.

HUNG HING UK. (1950). Hung hing UK Printing. Diambil dari: http://www.hunghing.co.uk/Home

KOMPAS.com. (2016, 29 Agustus). Minat Baca Indonesia Ada di Urutan ke-60 di Dunia. Diambil dari: http://edukasi.kompas.com/read/2016/08/29/07175131/minat.baca.indonesia.ada.di.urutan.ke-60.dunia

Mubarokah, A. (2016). Keefektifan Penerapan Media Pembelajaran Buku Pop-up Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Materi Seni Rupa Murni Kelas IV SD Negeri 1 Jombor Kabupaten Temanggung. Skripsi Fakultas Ilmu Pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

MATHEW REINHART. (2017). Pop-up Books. Diambil dari: http://www.matthewreinhart.com/

Oti, N.S. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Memahami Cerita Legenda Dengan Buku Pop-up Untuk Siswa SMP Kelas VIII Di Kabupaten Pati. Skripsi Fakultas Bahasa dan Seni. Malang: Universitas Negeri Semarang.

Sabud, R. The World of Pop-ups. Diambil dari: http://wp.robertsabuda.com/make-your-own-pop-ups/

Soedarwanto, S. (2018). Teori Vitruvius Vs Teori Sir Henry Wotton Dalam Desain Produk. NARADA: Jurnal Desain Dan Seni. 5(2), 155-163.

Ulita, N. (2018). Workshop Pembuatan Dreamboard Kreatif Sebagai Strategi Komunikasi Tentang Impian Profesi Masa Depan Pada Siswa SDN Di RPTRA Sugriwa Rawa Buaya. NARADA: Jurnal Desain dan Seni. 5(3). 417-430.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/narada.2019.v6.i1.007

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


NARADA: Jurnal Desain & Seni

Fakultas Desain dan Seni Kreatif
Universitas Mercu Buana
Gedung E Lantai 4
Jl. Raya Meruya Selatan no.1, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215871335

Journal International Standard Serial Number (ISSN) Registration:

 

The Journal is indexed by:

Tools for Citations & Plagiarism Detection:

 
 

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional