PENENTUAN PRIORITAS STRATEGI PEMASARAN UMKM NAIK KELAS

Elanjati Worldailmi, Sinta Wulandari, Syafa Thania Prawibowo

Abstract


UMKM merupakan usaha sebagai penopang perekonomian di Indonesia serta berperan besar dalam pertumbuhan dan perkembangan bagi perokonomian. Pemberdayaan UMKM sangat penting dilakukan untuk memperkuat sturktur perekonomian negara. Salah satu langkah yang dapat diimplementasikan adalah melakukan Gerakan UMKM Naik Kelas, yaitu suatu kemampuan untuk meningkatkan usaha dalam pengembangan pemasaran pada UMKM. Penelitian bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran sehingga mengetahui kriteria strategi pemasaran yang menjadi prioritas dan berpengaruh penting agar UMKM dapat naik kelas dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) serta pendekatan prinsip pareto. Hasil pada penelitian menggunakan AHP responden yang memiliki nilai CR >0,1 berdasarkan responden terpilih menunjukkan bahwa terdapat empat kiteria penting dalam pemasaran, yaitu kolaborasi dengan perusahaan besar dengan nilai eugen vector 0.090, memperhatikan orientasi pasar dan membuat strategi pasar yang menggabungkan antara periklanan dan promosi global nilai eugen vector 0.086, mengembangkan atau berinovasi produk baru nilai eugen vector 0.075, serta customer relationship management nilai eugen vector 0.067.

Keywords


UMKM Naik Kelas; Strategi Pemasaran; AHP; Pareto

Full Text:

PDF

References


Amin, H. J. (2021). Influence of marketing strategies on the performance of SMEs: Evidence from Abuja SMEs. Journal of Economics and Business, 4(1).

Assauri, S., & Sofyan, S. (2008). Manajemen Pemasaran, edisi pertama, cetakan kedelapan. Penerbit: Raja Grafindo, Jakarta.

Azzahra, B., & Wibawa, I. G. A. R. P. (2021). Strategi Optimalisasi Standar Kinerja UMKM sebagai Katalis Perekonomian Indonesia dalam Menghadapi Middle Income TRAP 2045. Inspire Journal: Economics and Development Analysis, 1(1), 75–86.

Ban, H. B., & Nguyen, P. K. (2021). A hybrid metaheuristic for solving asymmetric distance-constrained vehicle routing problem. Computational Social Networks. https://doi.org/10.1186/s40649-020-00084-7

Bilgin, Y. (2018). The effect of social media marketing activities on brand awareness, brand image and brand loyalty. Business & Management Studies: An International Journal, 6(1), 128–148.

Burt, S., Johansson, U., & Thelander, Å. (2011). Standardized marketing strategies in retailing? IKEA’s marketing strategies in Sweden, the UK and China. Journal of Retailing and Consumer Services, 18(3), 183–193.

Chen, S.-C., & Lin, C.-P. (2019). Understanding the effect of social media marketing activities: The mediation of social identification, perceived value, and satisfaction. Technological Forecasting and Social Change, 140, 22–32.

Elfahmi, S. H., & Jatmika, D. (2017). Pengaruh Inovasi Terhadap UKM Naik Kelas Melalui Daya Saing Produk (Studi Indo Burger). Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF), 1, 445–454.

Ginting, M., & Ginting, S. O. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Perguruan Tinggi Swasta. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil, 9(2), 169–180.

Gunawan, R., Malfiany, R., & Pane, H. Y. (2021). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Ukm Rempeyek Nok Uus Dengan Video Cinematic Didukung Motion Grafis. Pixel: Jurnal Ilmiah Komputer Grafis, 14(1), 25–36.

Juran, J. M., & Godfrey, A. B. (1999). The quality control process. McGraw-Hill.

Kanagal, N. B. (2009). Role of relationship marketing in competitive marketing strategy.

Karatum, S. (2018). The place of digital marketing on Turkish small businesses. Journal of International Trade, Logistics and Law, 3(2), 36–43.

Karimi, B., Ghomi, S. M. T. F., & Wilson, J. M. (2003). The capacitated lot sizing problem: a review of models and algorithms. Omega, 31(5), 365–378.

Kim, J.-H., & Hyun, Y. J. (2011). A model to investigate the influence of marketing-mix efforts and corporate image on brand equity in the IT software sector. Industrial Marketing Management, 40(3), 424–438.

Koch, R. (1998). The 80/20 Principle: The Secret Of Achieving More With Less, BantamDoubledayDellPublishing. Group, New York.

Kombih, M. T., & Suhardianto, N. (2017). Pengaruh Aktivitas Pemasaran, Kinerja Keuangan, dan Aset Tidak Berwujud Terhadap Nilai Perusahaan. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 1(3), 281–302.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2007). Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua Belas. Jakarta: Indeks.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen pemasaran, edisi 13. Jakarta: Erlangga, 14.

Kotler, P., & Kevin, L. K. (2007). Manajemen Pemasaran. 12th. Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Indeks (2009). Manajemen Pemasaran 13th, Jilid I. Terjemahan Oleh Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.

Krizanova, A., Lăzăroiu, G., Gajanova, L., Kliestikova, J., Nadanyiova, M., & Moravcikova, D. (2019). The effectiveness of marketing communication and importance of its evaluation in an online environment. Sustainability, 11(24), 7016.

Mokhtar, M. Z., & Wan-Ismail, W. N. S. (2012). Marketing strategies and the difference level of sales and profits performance of the Batik SMEs in Malaysia. International Journal of Business and Management, 7(23), 96.

Ngatawi, N., & Setyaningsih, I. (2011). Analisis Pemilihan Supplier Menggunakan Metode Analytic Hierarchy Process (AHP). Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 10(1), 7–13.

Oktini, D. R. (2019). The Marketing Strategies & Improved Optimization Of Competence Of Entrepreneurship: Survey Of Small And Medium Business In Indonesia Ceramic Iconic Products. Journal Sampurasun: Interdisciplinary Studies for Cultural Heritage, 5(2), 114–129.

Osano, H. M. (2019). Global expansion of SMEs: role of global market strategy for Kenyan SMEs. Journal of Innovation and Entrepreneurship, 8(1), 1–31.

Pangemanan, S. A., & Walukow, I. M. (2018). Marketing strategy analysis for small and medium scale business enterprise (SMEs) for home industry furniture in Leilem, the regency of Minahasa. Journal of Physics: Conference Series, 953(1), 12033.

Sugiyono, P. D. (2017). Metode penelitian bisnis: pendekatan kuantitatif, kualitatif, kombinasi, dan R&D. Penerbit CV. Alfabeta: Bandung, 225.

Sunarto, & Wahito, S. H. N. (2020). Buku Saku Analisis Pareto (Issue July).

Supriaddin, N., Abbas, B., Razak, A., Anaam, N., & Muthalib, D. A. (2018). Marketing Strategy Of Micro Small And Medium Enterprises (MSME) In The Framework Of Public Welfare Improvement In Southeast Sulawesi Province. International Journal of Scientific & Engineering Research, 9(1), 933–937.

Sutikno, R. I., Alfaini, L. Z., & Syabrina, W. P. (2021). Meningkatkan Penjualan Melalui Strategi Pemasaran Digital Pada Umkm Konveksi Sucex Kaos Sumedang Jalan Sukatali Raya, Kecamatan Situraja, Kabupaten Sumedang. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1(1).

Thomas, P. G., & Doherty, P. C. (1980). The analytic hierarchy. Process: Planning, Priority Setting, Resource Allocation, McGraw-Hill.

Utari, N. K. M. T. (2021). Marketing Strategy of Small and Medium Enterprises (MSMES) Through Instagram in the Marketing Era 4.0. Jurnal Ekonomi & Bisnis JAGADITHA, 8(1), 15–22.

Utomo, M. N., Ariska, I., Pratiwi, S. R., & Kaujan, K. (2021). Strategies for maintaining SMEs performance during Covid-19 pandemic. International Journal of Social Science and Business, 5(1), 34–43.

Yulianti, F., Lamsah, L., & Periyadi, P. (2019). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Deepublish.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/pasti.2022.v16i2.006

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal PASTI (Penelitian dan Aplikasi Sistem dan Teknik Industri)
Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Mercu Buana
Jl. Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta Barat 11650
Tlp./Fax: +62215871335
p-ISSN: 2085-5869 / e-ISSN: 2598-4853
http://journal.mercubuana.ac.id/index.php/pasti/

 

This journal is accredited:

This journal is indexed by:

     

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Web
Analytics Made Easy - StatCounter
View My Stats