Pengaruh Pendampingan Sertifikasi Halal Terhadap Kepuasan Pelaku Usaha dan Sebagai Strategi Keberlanjutan Usaha Mikro Kecil
Abstract
Pada tahun 2010, pasar makanan halal global meningkat dari USD 587,2 miliar menjadi USD 641,5 miliar. Program sertifikasi halal mengantisipasi perubahan gaya hidup masyarakat yang akan berdampak pada perubahan permintaan barang halal dan kesiapan untuk menawarkan produk halal. Indonesia, salah satu pusat dari sektor halal, menghadapi masalah dalam memenuhi permintaan produk halal. Banyak bisnis yang beroperasi di area wisata religi di sekitar makam Gus Dur, yang mengkhususkan diri dalam penjualan makanan dan minuman. Dengan membantu dan mendaftarkan diri, hal ini mendorong pentingnya program sertifikasi halal. Sebagai langkah strategis dalam keberlanjutan usaha mikro dan kecil, tujuan dari penelitian ini adalah untuk memastikan bagaimana dukungan sertifikasi halal mempengaruhi kepuasan pelaku usaha. Penelitian ini menerapkan metode Servqual secara deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil uji korelasi Pearson menunjukkan semua item pernyataan dalam instrumen penelitian ini dinyatakan valid dimana nilai signifikansi (sig.) < 0,05 dan koefisien korelasi (r) melebihi nilai r-tabel 0,36, sedangkan untuk uji reliabilitas berdasarkan nilai Cronbach’s Alpha masing-masing variabel berada di atas 0,70. Selain itu hasil uji kesenjangan (gap) dengan perhitungan servqual menunjukkan semua dimensi bernilai positif yang artinya para pelaku usaha/UMKM merasa puas dengan kinerja program pendampingan sertifikasi halal gratis dan merasakan dampak secara langsung terhadap usaha/bisnisnya secara berkelanjutan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aang Yusril M. (2020). Model Pengembangan Industri Halal Food Di Indonesia. At-Tasyri’: Jurnal Hukum Dan Ekonomi Syariah, 1(01), 30–49. https://doi.org/10.55380/tasyri.v1i01.21
Ahla, A., Hulaify, A., Budi, H. I. S., & Hp, E. N. (2020). Strategi Pengembangan Ekonomi Syariah Melalui Penguatan Halal Value Chain (Studi Kasus pada Industri Pariwisata Halal di Kota Banjarbaru). Eprints.Uniska-Bjm.Ac.Id, 1–12.
Aslikhah, A., & Faridah, A. (2021). Strategi Penguatan Halal Supply Chain Di Indonesia Dalam Menghadapi Global Islamic Economy. Jurnal Istiqro, 7(1), 95. https://doi.org/10.30739/istiqro.v7i1.724
Etikan, I. (2016). Comparison of Convenience Sampling and Purposive Sampling. American Journal of Theoretical and Applied Statistics, 5(1), 1. https://doi.org/10.11648/j.ajtas.20160501.11
Karyani, E., Geraldina, I., & Haque, M. G. (2021). Transformasi Digital Dan Industri Halal : Studi Kasus Pada Produsen Besar dan UMKM. Wikrama Parahita: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 139–148.
Mahfuz, M. (2022). Pengaruh Labelisasi Halal, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Tingkat Penjualan Produk Umkm (Usaha Mikro Kecil Menengah) Kopi Di Kabupaten Lombok Utara. 7(12), 125. http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/2926
Peristiwo, H. (2019). Indonesian Halal Food Industry: Development, Opportunities and Challenges on Halal Supply Chains. Journal of Islamic Studies and Humanities, 4(2), 218–245. https://doi.org/10.21580/jish.42.5228
Rahman, M. M. (2023). Review and Set of Recommenda-tions. In Journal of Entrepreneurship, Business, and Economics (Vol. 11, Issue 1). www.scientificia.com
Rakhmawati, N. A., Fatawi, J., Najib, A. C., & Firmansyah, A. A. (2021). Linked open data for halal food products. Journal of King Saud University - Computer and Information Sciences, 33(6), 728–739. https://doi.org/10.1016/j.jksuci.2019.04.004
Paramita, R.W.D. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif: Buku Ajar Perkuliahan Metodologi Penelitian Bagi Mahasiswa Akuntansi & Manajemen.
Rezai, G., Mohamed, Z., & Shamsudin, M. N. (2012). Assessment of Consumers’ confidence on Halal labelled manufactured food in Malaysia. Pertanika Journal of Social Science and Humanities, 20(1), 33–42.
Ritchi, H., & Aprilianisa, W. (2017). Meneropong Ekonomi Digital Indonesia dalam Penguatan Ketahanan Ekonomi. Digits.Feb.Unpad.Ac.Id, 1–10. https://digits.feb.unpad.ac.id/wp-content/uploads/2023/04/PB-Ekonomi_Digital_v1.1.pdf
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
Suyitno, A., & Sudarso, I. (2019). Desain Peningkatan Kepuasan Pelanggan Dengan Pendekatan Metode Servqual dan IPA Di Underpass Cafe. Seminar Nasional Inovasi Dan Aplikasi Teknologi Di Industri 2019, 140.
Wicaksana, A., & Rachman, T. (2018). Efektivitas Pendampingan Sertifikasi Produk Halal Program Self Declare di Kabupaten Banyumas (Studi Pada Halal Center UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto). Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 3(1), 10–27. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf
Zhan, G., Watcharapun, P., & Wangbenmad, C. (2016). Halal Logistics and Supply Chain Linkage Potential across the Thai- Malaysia Border as a driver of IMT-GT Economic Development. The 7th Hatyai National …, 933–944.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal PASTI (Penelitian dan Aplikasi Sistem dan Teknik Industri)
Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Mercu Buana
Jl. Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta Barat 11650
Tlp./Fax: +62215871335
p-ISSN: 2085-5869 / e-ISSN: 2598-4853
http://journal.mercubuana.ac.id/index.php/pasti/
This journal is indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.