PENERAPAN PERENCANAAN KAPASITAS PRODUKSI DENGAN PERHITUNGAN METODE ROUGH CUT CAPACITY PLANNING (RCCP) DI PERUSAHAAN PANEL LISTRIK

Anisa Septriani, Bonitasari Nurul Alfa

Abstract


Perusahaan panel listrik ini memproduksi Panel Listrik berdasarkan pesanan (make-to-order). Hal tersebut menimbulkan jadwal pendistribusian yang sudah dijadwalkan sebelumnya tidak mencapai waktu yang tepat, sehingga menjadikan target produksi tidak tercapai. Kapasitas produksi di perusahaan panel listrik ini yang belum mampu memenuhi beban produksi dan menyelesaikannya tepat waktu, dikarenakan kapasitas produksinya yang belum diketahui yang mengakibatkan penumpukan (bottleneck) sehingga kegiatan keterlambatan pruduksi untuk menyelesaikan dengan tepat waktu. Dalam kegiatan produksinya sering terjadi masalah penumpukan (bottleneck) yaitu pada stasiun kerja Pra Mechanical, Coating, dan Assembly.  Tujuan penelitian ini akan melakukan perencanaan kapasitas produksi dari tiap staisun kerja dengan perhitungan Rough Cut Capacity Planning (RCCP) untuk memecahkan masalah perusahaan yang berkaitan dengan kapasitas produksi. Rough Cut Capacity Planning (RCCP) menghitung kebutuhan kapasitas secara kasar dan membandingkannya dengan kapasitas yang tersedia. Terjadi penumpukan pada beberapa stasiun kerja yang diperoleh dari perhitungan kapasitas produksi dengan metode pendekatan RCCP yaitu lini produksi pra assembly mechanical pada bending machine, lini produksi assembly mechanical pada  assembly rangka dan drilling machine, lini produksi coating pada coating treatment, lini produksi electornic mechanical pada punching cu machine, lini produksi electrical pada assembly cu. Dengan menggunakan perhitungan Rough Cut Capacity Planning (RCCP) dapat diketahui kapasitas yang dibutuhkan untuk penambahan mesin-mesin produksi atau penambahan jumlah pekerja serta penambahan jam kerja (lembur).


Keywords


kapasitas; Rough Cut Capacity Planning (RCCP)

Full Text:

PDF

References


Baroto, T. (2004). Simulasi Perbandingan Algoritma Region Approach, Positional Weight dan Moodie Young dalam Efisiensi dan Keseimbangan Lini Produksi. Universitas Muhammadiyah Malang.

Gaspersz, V. (2005). Sistem Manajemen Kinerja Terintegrasi Balanced Scorecard Dengan Six Sigma Untuk Organisasi Bisnis dan Pemeritah. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Hasibuan, R. P. (2017). Perencanaan Kapasitas Produksi Crude Palm Oil Menggunakan Metode RCCP di PT. PP London Sumatra Indonesia. Tbk, Turangie Pam Oil Mill. [Skripsi] Universitas Medan.

Irawati, F.N. (2010). Perencanaan Kapasitas Produksi dengan metode RCCP d PT. Lotus Indah Textile Industries Surabaya. [Skripsi] UPN Jawa Timur.

Rangkuti, F. (2005). Marketing Analysis Made Easy. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Rasbina, A., Sukaria, S., & Ikhsan, S. (2013). Perencanaan Jadwal Indusk Produksi Pada PT. XYZ. E-Jurnal Teknik Industri FT USU Vol 2, No. 1, Mei 2013 pp. 54-57.

Sinulingga, S. (2009). Perencanaan & Pengendalian Produksi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sirait, M.E., Sukaria, S., & Aulia, I. (2013). Perencanaan Kebutuhan Kapasitas (Rough Cut Capacity Planning) Industri Pengolahan Peralatan Rumah Tangga di PT X. e-Jurnal Teknik Industri FT USU Vol 2, No. 2, pp. 28-34.

Sritomo, W. (2000). Teknik Analisis Untuk Peningkatan Produktivitas Kerja Dalam Ergonomi Studi Gerakan dan Waktu. Surabaya : Institut Teknologi Sepuluh November.

Sutalaksana, I. Z. (2001). Teknik Perancangan Sistem Kerja. Bandung : ITB.

Yamit, Z. (1998). Manajemen Produksi & Operasi, (Edisi Pertama Cetakan Kedua). Yogyakarta: EKONISIA.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/pasti.2021.v15i1.006

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal PASTI (Penelitian dan Aplikasi Sistem dan Teknik Industri)
Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Mercu Buana
Jl. Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta Barat 11650
Tlp./Fax: +62215871335
p-ISSN: 2085-5869 / e-ISSN: 2598-4853
http://journal.mercubuana.ac.id/index.php/pasti/

 

This journal is accredited:

This journal is indexed by:

     

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Web
Analytics Made Easy - StatCounter
View My Stats