Analisis Pengembangan Usaha Jasa Salon Kecantikan Di Kota Subang (studi kasus pada Rara Salon & Spa)

Atik Susanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi pemasaran yang diimplementasikan oleh Rara Salon dan Spa Subang. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi, dengan narasumber yang terdiri dari pemilik dan karyawan. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats). Berdasarkan analisis SWOT yang dilakukan dengan menggunakan tabel EFAS dan IFAS, diketahui bahwa Rara Salon berada pada posisi Strengths-Opportunities (SO). Hal ini terlihat dari total skor kekuatan sebesar 2,4 yang lebih tinggi dibandingkan total skor kelemahan sebesar 1,1 pada tabel IFAS. Sementara itu, pada tabel EFAS, total skor peluang sebesar 2,3 lebih besar dari total skor ancaman sebesar 1. Strategi bersaing yang paling sesuai berdasarkan analisis SWOT adalah strategi perbaikan diri, yaitu strategi yang memanfaatkan peluang yang ada sambil mempertahankan kekuatan atau keunggulan yang dimiliki oleh Rara Salon.


Keywords


Analisis SWOT; Salon Kecantikan; Rencana Strategi.



DOI: http://dx.doi.org/10.22441/marcommers.v14i1.32390

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Marcommers : Jurnal Marketing Communication and Advertising
Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana
Gedung C Lt. 2, Jalan Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta Barat 11650
Telepon: 021-5840816 Ext. 5411/5400 Faksimil : 021-5670341
p-ISSN: 2086-5619
e-ISSN : 2714-5255

http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/marcommers

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

The Journal is Indexed and Journal List Title by: