Strategi Visual Branding dan Resepsi Khalayak : Studi Kasus % Arabica Indonesia di Instagram

Dwi Shafira Mauliddiyah, Rika Yessica Rahma, Andi Vita Sukmarini

Abstract


Penelitian ini menganalisis resepsi khalayak terhadap brand image % Arabica melalui akun Instagram @arabica.indonesia menggunakan paradigma konstruktivis dan model analisis resepsi Stuart Hall. Wawancara mendalam dengan empat informan menunjukkan bahwa brand image % Arabica diterima secara dominan positif, dengan sedikit posisi negosiasi terkait harga. Visual minimalis dan narasi emosional membentuk persepsi eksklusif di benak konsumen. Temuan ini menegaskan pentingnya strategi visual dan storytelling dalam membangun brand image di media sosial.

Keywords


Brand Image; Resepsi Khalayak; Visual Branding; Instagram; % Arabica

Full Text:

PDF

References


Aaker, D. A. (2008). Strategic Market Management (8th ed.). Wiley.

Cahya, I. (2018). Budaya Berbagi dan Media Sosial. Jakarta: Prenadamedia Group.

Ferrinadewi, E. (2009). Merek & Psikologi Konsumen. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Hall, S. (1996). Encoding/decoding. In S. Hall, D. Hobson, A. Lowe, & P. Willis (Eds.), Culture, Media, Language (pp. 128–138). Routledge.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran (13th ed.). Jakarta: Erlangga.

Mahendra, H. (2017). Instagram: Komunikasi Visual dan Identitas Sosial. Malang: IRDH.

Mahmudan, D. (2022). Konsumsi Kopi Indonesia Tertinggi dalam 10 Tahun. DataIndonesia.id. Retrieved from https://dataindonesia.id/

Minan Jauhi, M. (2021). Public Relations dan Manajemen Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Rangkuti, F. (2008). The Power of Brands. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Santoso, P. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif Komunikasi. Jakarta: Prenadamedia Group.

Soliha, E. (2017). Manajemen Pemasaran: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Taufik Wibisono, A. (2018). Komunikasi Media Sosial. Yogyakarta: Deepublish.

Utami, A. H. (2021). New Media: Transformasi Media Massa di Era Digital. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/marcommers.v13i1.33411

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Marcommers : Jurnal Marketing Communication and Advertising
Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana
Gedung C Lt. 2, Jalan Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta Barat 11650
Telepon: 021-5840816 Ext. 5411/5400 Faksimil : 021-5670341
p-ISSN: 2086-5619
e-ISSN : 2714-5255

http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/marcommers

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

The Journal is Indexed and Journal List Title by: