PERANCANGAN SERIOUS SIMULATION GAME SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATURITAS INDUSTRI 4.0 UNTUK INDUSTRI MANUFAKTUR
Abstract
Industri 4.0 adalah perubahan yang diharapkan menjadi revolusi dalam proses bisnis perusahaan. Revolusi yang dilakukan tidak jauh dari transformasi yang berisiko gagal apabila kurang memahami langkah dalam proses menuju digitalisasi perusahaan. Pendekatan maturitas Industri 4.0 dapat membantu membuat roadmap transformasi langkah demi langkah. Penelitian ini menggunakan metode pembelajaran Serious Simulation Game (SSG) sehingga tidak hanya memberikan informasi mengenai fungsi teknologi tetapi juga memberikan umpan balik dalam bentuk simulasi. Perancangan dilakukan dengan mempertimbangkan elemen yang terkait dalam transformasi digital dan uji coba untuk memastikan pembelajaran tersampaikan dengan baik. Tingkat efektifitas permainan diuji dengan melakukan pretest dan postest kepada pemain. Berdasarkan uji yang dilakukan terjadi peningkatan pemahaman pemain dengan nilai rata-rata nilai 28 poin. Hasil evaluasi terhadap permainan menunjukan pemain setuju lebih memahami transformasi digital setelah menyelesaikan permainan. Permainan yang dirancang membantu membangun mental model pemain dalam membuat keputusan dalam menerapkan teknologi dari Industri 4.0 dengan unsur menyenangkan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
André, J.-C. (2019). Industry 4.0 Paradoxes and Conflicts. John Wiley & Sons, Inc.
Baena, F., Guarin, A., Mora, J., Sauza, J., & Retat, S. (2017). Learning Factory: The Path to Industry 4.0. Procedia Manufacturing, 9, 73–80. https://doi.org/10.1016/j.promfg.2017.04.022
Hanum, B., Haekal, J., & Prasetio, D. E. (2020). The Analysis of Implementation of Enterprise Resource Planning in the Warehouse Division of Trading and Service Companies, Indonesia. International Journal of Engineering Research and Advanced Technology, 06(07), 37–50. https://doi.org/10.31695/ijerat.2020.3621
Harteveld, C. (2011). Triadic Game Design. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Hidayatno, A., Desyanto, A., & Iman, M. (2018). Bermain untuk Belajar. LeutikaPrio.
Iuppa, N., & Brost, T. (2010). End-to-End Game Development_ Creating Independent Serious Games and Simulations from Start to Finish-Focal Press.
Kriz, W. C. (2010). A systemic-constructivist approach to the facilitation and debriefing of simulations and games. Simulation and Gaming, 41(5), 663–680. https://doi.org/10.1177/1046878108319867
Lezzi, M., Lazoi, M., & Corallo, A. (2018). Cybersecurity for Industry 4.0 in the current literature: A reference framework. Computers in Industry, 103, 97–110. https://doi.org/10.1016/j.compind.2018.09.004
Mayer, I. S. (2009). The gaming of policy and the politics of gaming: A review. Simulation and Gaming, 40(6), 825–862. https://doi.org/10.1177/1046878109346456
McKinsey&Company. (2018). Reinvigorating ASEAN Manufacturing for the Future. McKinsey&Company, 26.
Mihardjo, L. W. W., Sasmoko, S., Alamsjah, F., & Elidjen, E. (2019). Digital leadership role in developing business model innovation and customer experience orientation in industry 4.0. Management Science Letters, 9(11), 1749–1762. https://doi.org/10.5267/j.msl.2019.6.015
Partama, Y. I., & Farizal, M. D. (2019). Industri 4.0 : Analisis Hambatan dalam Penerapannya pada Industri Manufaktur di Indonesia. Seminar Dan Konferensi Nasional IDEC 2019, 2018, 2–3.
Paryanto, Sulaksono, S., Riznanto, B., & Rakhmawan, C. (2018). Indonesia Industry 4 . 0 Readiness Index.
Peter, V., & Westelaken, V. (2014). The evolution of discipline: a framework of evaluating simulation game.
Rao, S. K., & Prasad, R. (2018). Impact of 5G Technologies on Industry 4.0. Wireless Personal Communications, 100(1), 145–159. https://doi.org/10.1007/s11277-018-5615-7
Sawyer, ben. (2002). Serious games: Improving public policy through game-based learning and simulation.
Schuh, G. (2017). Industrie 4.0 Maturity Index.
Schumacher, A., Nemeth, T., & Sihn, W. (2019). Roadmapping towards industrial digitalization based on an Industry 4.0 maturity model for manufacturing enterprises. Procedia CIRP, 79, 409–414. https://doi.org/10.1016/j.procir.2019.02.110
Suparno, A., & Ardi, R. (2020). Design of Serious Simulation Games (SSG) as Learning Media for the Industry 4.0 Road Map in Indonesian Manufacturing. ACM International Conference Proceeding Series, 135–140. https://doi.org/10.1145/3400934.3400960
DOI: http://dx.doi.org/10.22441/pasti.2022.v16i2.008
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal PASTI (Penelitian dan Aplikasi Sistem dan Teknik Industri)
Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Mercu Buana
Jl. Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta Barat 11650
Tlp./Fax: +62215871335
p-ISSN: 2085-5869 / e-ISSN: 2598-4853
http://journal.mercubuana.ac.id/index.php/pasti/
This journal is indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.