Perencanaan Strategi Pemasaran Digital untuk Produk Modest Fashion pada UMKM Polkadot dengan Metode SOSTAC

Adam Syafarrazzaq, Uly Amrina

Abstract


Polkadot merupakan UMKM yang menjual produk modest fashion di Kota Depok. Permasalahan utama yang dihadapi Polkadot adalah penjualan yang sangat fluktuatif, menyebabkan ketidakstabilan omzet dan kesulitan dalam perencanaan keuangan jangka panjang. Selain itu, Polkadot menghadapi tantangan dalam menjangkau target pasar yang lebih luas dan bersaing di pasar modest fashion yang semakin kompetitif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan merancang strategi digital marketing yang efektif bagi Polkadot berdasarkan situasi yang dihadapi. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis SWOT untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal, dilanjutkan dengan analisis clustering menggunakan model k-Modes untuk segmentasi pasar. Data dikumpulkan melalui brainstorming dengan narasumber terkait dan kuesioner kepada target pasar. Hasil analisis kemudian disusun menggunakan kerangka SOSTAC untuk merancang strategi digital marketing yang komprehensif. Temuan penelitian menunjukkan bahwa strategi diversifikasi, dengan fokus pada diversifikasi pasar dan produk, adalah yang paling sesuai untuk Polkadot. Analisis clustering menghasilkan tiga segmen pasar dengan karakteristik demografi dan psikografi yang berbeda, didominasi oleh pelajar dan mahasiswa. Rancangan taktik dan aksi digital marketing meliputi optimalisasi media sosial, e-commerce, serta kolaborasi strategis untuk mendukung diversifikasi


Keywords


Pemasaran Digital; Modest fashion; SOSTAC; Analisis Klaster; Analisis SWOT

Full Text:

PDF

References


Adeola, O., Moradeyo, A.A., Muogboh, O. and Adisa, I. (2021), "Consumer values, online purchase behaviour and the fashion industry: an emerging market context", PSU Research Review, Vol. ahead-of-print No. ahead-of-print. https://doi.org/10.1108/PRR-04-2021-0019

Arumsari, N. R., Lailyah, N., & Rahayu, T. (2022). Peran digital marketing dalam upaya pengembangan UMKM berbasis teknologi di Kelurahan Plamongansari Semarang. SEMAR (Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni bagi Masyarakat), 11(1), 92-101. https://doi.org/10.20961/semar.v11i1.57610

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Jawa Barat. (2021). Transaksi digital jadi jalan pintas selamatkan UMKM Jabar [Infographic]. Open Data Jawa Barat. https://opendata.jabarprov.go.id/id/infografik/transaksi-digital-jadi-jalan-pintas-selamatkan-umkm-jabar

Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Barat. (2020, November 25). Jumlah Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Berdasarkan Kabupaten/Kota di Jawa Barat. Open Data Jawa Barat.

Bellanov, A., & Nurhayati, L. (2023). K-Means Clustering Analysis Untuk Menentukan Strategi Promosi Kampus. Jurnal Teknik Industri: Jurnal Hasil Penelitian dan Karya Ilmiah dalam Bidang Teknik Industri, 9(1). Diakses dari https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/jti/article/view/22492

Bruce, E., Shurong, Z., Ying, D., Yaqi, M., Amoah, J.K., & Egala, S.B. (2023). The Effect of Digital Marketing Adoption on SMEs Sustainable Growth: Empirical Evidence from Ghana. Sustainability.

Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2019). Digital Marketing: Strategy, Implementation and practice (7th ed.). Pearson.

Fathurrohman, M. A., Afifah, J., Fariza, R., & Khasanah, A. U. (2021). Determining Promotion Media based on Customer Characteristic using Clustering Analysis and Marketing Mix Strategy. Proceedings of the Second Asia Pacific International Conference on Industrial Engineering and Operations Management (pp. 1424-1433). Surakarta, Indonesia: IEOM Society International. Retrieved from phys.org.

Hetet, B., Ackermann, C.-L. and Mathieu, J.-P. (2020), "The role of brand innovativeness on attitudes towards new products marketed by the brand", Journal of Product & Brand Management, 29(5), pp. 569-581. https://doi.org/10.1108/JPBM-02-2019-2243

Hooley, G. J., Piercy, N., Nicoulaud, B., & Rudd, J. (2017). Marketing Strategy and Competitive Positioning. London: Pearson Education.

Hosseini N. H., & Milani, A. S. (2012). An improvement of quantitative strategic planning matrix using multiple criteria decision making and fuzzy numbers. Applied Soft Computing, 12(8), 2246-2253.

Hidayatullah, A. S., Trismawati, T., & Tjahjaningsih, Y. S. (2022). Implementation of Interactive Digital Marketing with the 7P Marketing Concept to Increase Customer Interest on Fly Ash and Bottom Ash Products at PT PJB UP Paiton. Procedia of Engineering and Life Science, 3. https://doi.org/10.21070/pels.v3i0.1311

Jailani, N., Kuat Ismanto, Susminingsih, & Adinugraha, H. H. (2022). AN OPPORTUNITY TO DEVELOP HALAL FASHION INDUSTRY IN INDONESIA THROUGH E-COMMERCE PLATFORM. Tadayun: Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 3(2), 121-132. https://doi.org/10.24239/tadayun.v3i2.76

Jain, A. K. (2010). Data clustering: 50 years beyond K-means. Pattern recognition letters, 31(8), 651-666.

Katadata.co.id. (2022, September 8). Banyak konsumen lebih pilih e-commerce untuk belanja fashion. https://databoks.katadata.co.id/infografik/2022/09/08/banyak-konsumen-lebih-pilih-e-commerce-untuk-belanja-fashion

Kaufman, L., & Rousseeuw, P. J. (2009). Finding groups in data: an introduction to cluster analysis (Vol. 344). John Wiley & Sons.

Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. (2021, April 13). Transformasi digital UMKM jadi prioritas penguatan fondasi ekonomi. https://www.kominfo.go.id/content/detail/40915/transformasi-digital-umkm-jadi-prioritas-penguatan-fondasi-ekonomi/0/berita

Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. (2021, April 12). Kemenperin targetkan industri fesyen muslim Indonesia jadi pemain global. https://kemenperin.go.id/artikel/23719/Kemenperin-Targetkan-Industri-Fesyen-Muslim-Indonesia-Jadi-Pemain-Global

Kotler, P., Kevin K., and Alexander C. (2021). Marketing Management (16th Ed.). Pearson, 16.

Lambin, J. J., Chumpitaz Rubén C., & Schuiling I. (2022). Market-driven Management: Strategic and Operational Marketing (3rd ed.). Palgrave Macmillan.

Lergner, J., Welter, F., & Gaus, H. (2023). Digitalization of SMEs: A Review of Opportunities and Challenges. In A. Thrassou, D. Vrontis, Y. Weber, & E. Tsoukatos (Eds.), The Changing Role of SMEs in Global Business (pp. 145-166). Cham: Springer.

Lilien, G.L. and Rangaswamy, A. (2002) Marketing Engineering: Computer-Assisted Marketing Analysis and Planning. Prentice Hall.

Maghfiroh, F. N. M., Janari, D., Indrawati, S. I., Purnomo, M. R. A. (2022). Analisis SWOT untuk Digitalisasi Strategi Pemasaran Usaha Kecil dan Menengah Kerajinan Bambu. JATTEC, 3(2), 1-11. https://doi.org/10.20885/jattec.vol3.iss2.art5

Martínez-Mesa, J., González-Chica, D. A., Bastos, J. L., Bonamigo, R. R., & Duquia, R. P. (2014). Sample size: how many participants do I need in my research?. Anais brasileiros de dermatologia, 89(4), 609–615. https://doi.org/10.1590/abd1806-4841.20143705

MAS, E., AGUSTINA, F., & PRANOTO, Y. (2019). STRATEGI PEMASARAN USAHA KECIL MENENGAH KERAJINAN ROTAN YANG BERBASIS POTENSI LOKAL ( STUDI KASUS : DI DESA DELAS KECAMATAN AIR GEGAS KABUPATEN BANGKA SELATAN). Jurnal PASTI (Penelitian dan Aplikasi Sistem dan Teknik Industri), 12(3), 339-348. Retrieved from https://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/pasti/article/view/4987/2285

Muhammad, H. (2022, September 21). 79 Persen UMKM di Jabar Masih Belum Melek Digitalisasi. Republika Online.

Oudah, A. A., & Almayyahi, A. R. A. (2020). Factors affecting the fluctuation of accounting profits system in SMEs industrial: A field study on a group of companies in Basra, southern Iraq1. Productivity Management, 25(4), 326-345.

Oxford College of Marketing. (2018). How to use the 5 M’s of marketing to review internal resources [Blog post]. Oxford College of Marketing. https://blog.oxfordcollegeofmarketing.com/2018/06/25/how-to-use-the-5-ms-of-marketing-to-review-internal-resources/

Putri, A. M. H. (2022, February 7). Jumlah UMKM Capai 87,1 Juta, Bisa Jadi Tameng Resesi. CNBC Indonesia.

Rizky, M. (2023, September 20). Tragis pedagang pasar Tanah Abang, kalah lawan live shopping. CNBC Indonesia.

Sarstedt, M. and Mooi, E. (2019) Market Segmentation: Analysis, Methods and Applications. Springer Nature.

Stanton, W. J., & Lamarto, Y. (1993). Prinsip pemasaran (Terjemahan). Erlangga. (Karya asli diterbitkan tahun 1991).Sukmadinata, N. S. (2005). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sumarliah, Eli & Khan, Sher & Khan, Rafi. (2021). Modest wear e-commerce: Examining online purchase intent in Indonesia. Research Journal of Textile and Apparel. ahead-of-print. 10.1108/RJTA-11-2020-0121.

Tandijaya, T. N. B., & Hatane, S. (2022). VIRAL MARKETING MESSAGE, CONSUMERS’ ATTITUDE TOWARDS VIRAL MARKETING, COMPETITIVENESS ABILITY, AND BUSINESS PERFORMANCE. Jurnal Manajemen Pemasaran, 15(2), 83-96. https://doi.org/10.9744/pemasaran.15.2.83-96

Tiago, M. T., & Veríssimo, J. M. (2022). Digital marketing and social media: Why bother? Business Horizons, 58(6), 703-708. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2015.06.002

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2012). Pemasaran Strategik (Edisi 2). Yogyakarta: CV. Andi offset

Yltävä, L. (2022). Share of consumers switching to online shopping due to supply chain issues as of June 2022, by country [Chart]. Statista. https://www.statista.com/statistics/1315299/supply-chain-issues-affect-consumers-online-shopping/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal PASTI (Penelitian dan Aplikasi Sistem dan Teknik Industri)
Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Mercu Buana
Jl. Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta Barat 11650
Tlp./Fax: +62215871335
p-ISSN: 2085-5869 / e-ISSN: 2598-4853
http://journal.mercubuana.ac.id/index.php/pasti/

 

This journal is accredited:

This journal is indexed by:

     

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Web
Analytics Made Easy - StatCounter
View My Stats