MENGUJI ANTESEDEN EKUITAS MEREK: STUDI EMPIRIS PADA MOBILE BANKING BCA

Muhamad A. A. F. Ananda, Sabrina Sihombing

Abstract


Perkembangan internet mendorong industri perbankan untuk mengembangkan e-banking. Tidak hanya itu, industri perbankan terus meningkatkan kualitas dan kepercayaan demi terus menciptakan nilai tambah pada merek supaya konsumen tidak beralih ke merek lain. Dalam kaitannya dengan merek, banyak penelitian yang berkaitan dengan ekuitas merek, namun sedikit penelitian yang mengintegrasikan variabel manfaat risiko dan kepercayaan untuk memprediksi ekuitas merek terlebih lagi dalam konteks teknologi. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh variabel-variabel anteseden ekuitas merek (yakni: kepercayaan, kesadaran merek, persepsi kualitas, loyalitas merek, risiko, dan manfaat). Penelitian ini menggunakan paradigma kuantitatif dengan dengan tipe jenis penelitian deskriptif. Obyek yang digunakan adalah BCA mobile banking. Peneliti melakukan metode pengumpulan data melalui kuisioner dengan 28 indikator yang diberikan secara personal dengan menggunakan skala Likert 5 poin. Disain sampel adalah sampel non probabilitas dengan jumlah sampel 100 responden. Data kemudian dianalisis dengan menggunakan structural equation modeling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa delapan hipotesis didukung. Studi ini memberikan beberapa kontribusi teoritis, implikasi manajerial dan saran untuk penelitian selanjutnya

Keywords


Resiko, manfaat, kepercayaan, persepsi kualitas, loyalitas merek kesadaran merek, ekuitas merek

Full Text:

PDF

References


Aaker, D. (2011). Managing Brand Equity: Capitalizing on The Value of a. New York.

Ahmed, R. R., Veinhardt, J., & Streimikiene, D. (2017). Interactive Digital Media and Impact Of Customer Attitude and Technology on Brand Awareness: Evidence From The South Asian Countries, 18(6), 1115-1134.

Amelia, S. (2018). The Effect Of Perceived Quality, Brand Awareness, and Brand Loyalty Toward Brand Equity Of Beer Bintang in Surabaya, Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 7(1), 899-918.

Antara. (2018). Menkominfo Rudiantara: Konektivitas Kunci Revolusi Industri 4.0. Jakarta: Tempo.

Anwar, R., & Adidarma, W. (2016). Pengaruh Kepercayaan dan Risiko Pada Minat Beli Belanja Online, 14(2), 155-168.

Assauri, S. (2018). Manajemen Bisnis Pemasaran. Rajawali Pers.

Azizi, M. (2016). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Kepercayaan dan Risiko Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan E-banking pada PT Bank BNI Syariah KC Yogyakarta, Skripsi IAIN Salatiga, Tersedia di http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/945/

Chan, A. (2010). Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen : Studi Kasus Bank Muamalat Indonesia Cabang Bandung. Jurnal Administrasi Bisnis, 6(1), 43-58.

Cici, S., Ekinci, Y., Whyatt, G., Japutra, A., Molinillo, S., & Siala, H. (2016). A cross validation of Consumer-Based Brand Equity models: A cross validation of Consumer-Based Brand Equity models

Dizaj, R. G., & Disfani, M. M. (2016). The Impact of Customer Relationship Factors on Brand Equity In Suppliers Companies of Iranian Petrochemical Industry. Master Theses, Luleå University of TechnologyDepartment of Business, Administration, Technology and Social Sciences. Retrieved from http://urn.kb.se/resolve?urn=urn:nbn:se:ltu:diva-57188

Eliasari, P. R., & Sukaatmadja, I. G. (2017). Pengaruh Brand Awareness Terhadap Purchase Intention Dimediasi Oleh Perceived Quality dan Brand Loyalty. E-Jurnal Manajemen, 6(12), 6620 - 6650.

Ghozali, & Latan, H. (2015). Partial Least Square. Concept, Teknik dan Aplikasi menggunakan program Smart PLS 3.0. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Gholami.S. (2017). The Impact of Customer Relationship on Brand Equity.

Gil, M. T., & Jacob, J. (2018). The Relationship Between Green Perceived Quality and Green Purchase Intention: a Three-Path Mediation Approach Using Green Satisfaction and Green Trust. International Journal of Business Innovation and Research, 15(3):301

Halim, J., & Kempa, S. (2016). Pengaruh Green Perceived Value, Green Perceived Risk, Green Trust dan Perceived Terhadap Green Purchase Intention Produk Low Watt di Surabaya, Agora, 4(1), 404-413..

Hanifa, N., & Rachmawati, I. (2018). Pengaruh Brand Association, Brand Loyalty, Brand Awareness, Brand Image Terhadap Brand Equity Telkomsel (Studi Pada Generasi Y di Indonesia). eProceedings of Management, 5(2), 1805-1811.

Hasan, G. (2018). Analisa Pengaruh Country Of Origin Image dan Brand Equity Dimensions Terhadap Brand Equity. Journal of Accounting & Management Innovation, 2(1), 38-49.

Jogiyanto H. M., M. (2017). Pedoman Survei Kuesioner: Mengembangkan Kuesioner, Mengatasi Bias dan Meningkatkan Respons. BPFE Yogyakarta.

Jung, N. Y., & Seok, Y. K. (2016). The Impact of Corporate Reputation on Brand Attitude and Purchase Intention. Fashion Textile, 3(20) Tersedia di https://doi.org/10.1186/s40691-016-0072-y

Kao, T. W., & Lin, W. T. (2016). The Relationship Between Perceived E-service Quality and Brand Equity: A Simultaneous Equations System Approach, Computers in Human Behavior, 57, 208-218.

Kim, H. K., & Lee, T. J. (2018). Brand Equity of a Tourist Destination. Sustainability, 10, 431 1-21, doi:10.3390/su10020431

Kim, Y., & Peterson, R. A. (2017). A Meta-analysis of Online Trust Relationships in E-commerce.

Kim, D. J., Ferrin, D. L., & Rao, H. R. (2004). Trust and Satisfaction, Two Stepping Stones For Successful E-commerce Relationship: A Longitudinal Exploration.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Marketing Management (Edisi: 13ed.). Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2013). Manajemen Pemasaran (Jilid 2 ed.). Jakarta: Erlangga.

Kurniawan, H. H. (2017). Pengaruh Perceived Quality Terhadap Brand Loyalty Melalui Mediasi Brand Image dan Brand Trust. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 4(2), 228-239.

Lee, H. J., & Jee, Y. (2015). The Impacts of Brand Asset of Domestic Screen Golf Playing Systems Upon Brand Trust and Brand Loyalty. International Journal of Sports Marketing and Sponsorship, 17(4):320-332.

Laksana, G. B., Astuti, E. S., & Dewantara, R. Y. (2015). Pengaruh Persepsi Kemanfaatan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Risiko dan Persepsi Kesesuaian Terhadap Minat Menggunakan Mobile Banking, 3.

Lourerio, S. M. (2015). The Effect of Perceived Benefits, Trust, Quality, Brand Awareness/Associations and Brand Loyalty on Internet Banking Brand Equity. International Journal of Electronic Commerce Studies, 4(2):139-158.

Marakanon, L., & Panjakajornsak, V. (2017). Perceived Quality, Perceived Risk And Customer Trust Affecting Customer Loyalty Of Environmentally Friendly Electronics Products. Kasetsart Journal of Social Sciences, 38(1), 24-30.

Martin, B. A., & Strong, C. A. (2016). The Trustworthy Brand: Effects of Conclusion Explicitness and Persuasion Awareness on Consumer Judgments.

Masrek, M. N., Halim, M. A., Khan, A., & Ramli, I. (2018). The Impact Of Perceived Credibility and Perceived Quality On Trust and Satisfaction in Mobile Banking Contex. Asian Economic and Social Society, 8(7), 1013-1025

Mittendorf, C., & Ostermann, U. (2017). Private vs. Business Customers in the Sharing Economy. Proceedings of the 50th Hawaii International Conference on System Sciences.

Mudzakkir, M. F., & Nurfarida, I. I. (2010). The Influence of Brand Awareness on Brand Trust Through Brand Image.

Muzaqiqi, A., Fauzi, A., & Suyadi, I. (2016). Pengaruh Kesadaran Merek, Kesan Kualitas, Asosiasi Merek Dan Loyalitas Merek Terhadap Ekuitas Merek (Survei pada Konsumen Pembeli dan Pengguna Produk Sari Apel SIIPLAH di Perumahan Saxophone Kecamatan Lowokwaru Kota Malang, 28.

Naggar, R. A., & Bendary, N. (2017). The Impact of Experience and Brand trust on Brand loyalty, while considering the mediating effect of brand Equity dimensions, an empirical study on mobile operator subscribers in Egypt, 19.

Nigam, A., & Kaushik, R. (2011). Impact of Brand Equity on Customer Purchase Decisions:. 2.

Nofriyanti, A. R. (2017). Pengaruh Brand Trust, Brand Image, Perceived Quality, Brand Loyalty, YTerhadap Brand Equity Pengguna Telkomsel, EKOBIS – Ekonomi Bisnis, 22(2),130 – 142.

Noor, A. M., & Saad, R. A. (2016). The Mediating Effect of Trust on the Relationship between Attitude and Perceived Service Quality towards Compliance Behavior of Zakah, International Journal of Economics and Financial Issues, 6(S7) 27-31.

Pamungkas, B. R. (2014). Analisis Pengaruh Kesadaran Merek dan Persepsi Kualitas Terhadap Ekuitas Merek Melalui Loyalitas Merek ( Studi Kasus Pada Konsumen Minuman Marimas di Kotas Semarang), 31.

Prasetyo, B. P., & Rachmawati, I. (2018). Effect of Customer Based Brand Equity on Customer Satisfaction at Smartphone Samsung in Indonesia.

Prisanti, M. D., Suyadi, I., & Arifin , Z. (2017). Pengaruh E-Service Quality Dan E-Trus Terhadap E-Customer Satisfaction Serta Implikasinya Terhadap Ecustomer Loyalty (Studi pada Nasabah PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Pembantu Lawang), 8.

Prahasti, S. A. (2018). Analisis Pengaruh Citra Merek, Kesadaran Merek dan Persepsi Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian dengan Loyalitas. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, 16(2), 234- 241.

Priyono, A. (2017). Analisis Pengaruh Trust dan Risk Dalam Penerimaan Teknologi Dompet Elektronik Go-Pay, 5.

Pujotomo, D., & Putri, R. K. (2015). Analisis Pengaruh Kesadaran Merek, Asosiasi Merek, Persepsi Kualitas dan Loyalitas Merek Terhadap Ekuitas Merek Laptop.

Putri, D. G., & Santoso, S. B. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Jasa, Nilai yang Dirasakan, Citra Merek, Melalui Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi pada PT. Pos Indonesia(Persero). Diponegoro Journal of Management ,7(1), 1-13

Rivai, A. R., & Wahyudi, T. A. (2017). Pengaruh Persepsi Kualitas, Citra Merek dan Persepsi Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepercayaan dan Keputusan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi. Kalbisocio, 4(1),29-37.

Santoso, & Hutahaean , J. (2018). Aplikasi Toko Buku Online Berbasis Mobile E-Commerce, 1.

Sari, D. P., Pradhana, C. A., & Widharto, Y. (2018). Pengaruh Advertising dan Sales Promotion Terhadap Dimensi Brand Equity Pada Produk Pelumas Mobil Fastron. Jurnal SIMETRIS, 9(2), 841-854.

Schiffman, L., & Schiffman, L. (2010). Consumer Behavior (Vol. 10th Edition). Pearson.

Sedarmayanti, & Hidayat, S. (2011). Metodologi Penelitian.Bandung: Mandar Maju.

Sekaran, U., & Roger, B. (2013). Research Methods for Business. New York: John Wiley & Sons Ltd.

Setiawan, S. R. (2018). OECD: Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Akan Tetap Solid. Nusa Dua: Kompas.

Seminari, N. K., & Tresna, A. G. (2018). Pengaruh Brand Equity dan Consumer Satisfaction Pada Brand Loyalty. E-Jurnal Manajemen Unud, 7(1), 307-331.

Shameem, A., & Jayasinghe, J. (2016). Determinants of Customer-Based Brand Equity of Credit Cards Issued by The Licensed Banks In Srilanka. Proceeding of Conference: Women in 21st Century: Challenges and opportunities, India.

Sudaryono, D. (2016). Manajemen Pemasaran Teori & Implikasi. Yogyakarta: Andi Publisher.

Sucahyono, Y. A. (2017). Pengaruh Brand Association, Brand Loyalty, Brand Awareness, dan Brand Image Terhadap Brand Equiry Pada Brand Happy Baby. PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 2(5), 601-610.

Sudirman, I. M., & Suasana, I. K. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan Online Terhadap Kepuasan, Komitmen dan Loyalitas Nasabah Internet Banking di Kota Denpasar, INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, 1(4), 473-488.

Wanda, D. Y., Kusumawati, A., & Sanawiri, B. (2018). The Influence Of Perceived Risk Toward Trust and Its On Purchase Intention (Study on Go-Ride Consumer in Malang City), Jurnal Administrasi Bisnis, 64(1), 145-152.

Wang, Y., Min, Q., & Han, S. (2016). Understanding the effects of trust and risk on individual behavior toward social media platforms: A meta-analysis of the empirical evidence, Computers in Human Behavior, 56, 34-44.

Wicaksono, G. P. (2016). Pengaruh Hubungan Ekuitas Merek Berbasis Konsumen Pada Minat Beli: Industri Smartphone di Yogyakarta. Skripsi Universitas Islam Indonesia. Tersedia di https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/1547?show=full




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/mix.2020.v10i1.007

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen
Journal URL: http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/Jurnal_Mix
Journal DOI: 10.22441/jurnal_mix
P-ISSN: 2088-1231
E-ISSN: 2460-5328

Editor's Address:

Magister Management Department, Universitas Mercu Buana.
Tedja Buana Building 4th Floor.
Jl. Menteng Raya No. 29, Jakarta 10340.

The Journal is Indexed and Abstracting by:

 

Web
Analytics Made Easy - StatCounter
View My Stats