PENGARUH PENDIDIKAN DAN PELATIHAN SERTA KOMPETENSI MANAJERIAL TERHADAP KINERJA KEPALA SEKOLAH
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abbas, Y. (2013). Motivasi Intrinsik, Motivasi Ekstrinsik, Kompetensi Dan Kinerja Guru. HUMANITAS: Indonesian Psychological Journal, 10(1), 61. https://doi.org/10.26555/humanitas.v10i1.329
Achmad, S. H. (2016). The Effect of Competency, Motivation, and Organizational Culture on the Employee Performance at The Jayakarta Hotel, Bandung, Indonesia. JBHOST, 2(1), 136–146.
Aditya, R., Nayati, H., & Ruhana, U. I. (2015). Pengaruh Pelatihan Terhadap Kompetensi Dan Kinerja Karyawan (Studi pada Karyawan PT.PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur Area Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 27(2), 1–6.
Anggraeni, I., Komariah, A., & Kurniatun, T. C. (2016). Kinerja Manajerial Kepala Sekolah, Kinerja Mengajar Guru dan Mutu Sekolah Dasar. Jurnal Administrasi Pendidikan, 23(2), 134–140.
Bacal, R. (2012). Performance Management (2nd ed.). McGraw-Hill.
Bafadal, I., Yusuf Sobri, A., Nurabadi, A., & Gunawan, I. (2019). Standards of Competency of Head of School Beginners as Leaders in Learning Innovation. 382(Icet), 13–18. https://doi.org/10.2991/icet-19.2019.4
Boset, S. A., & Asmawi, A. (2020). Mediating Effect of Work Motivation on the Relationship between Competency and Professional Performance of EFL Teachers. Akademika, 90(1), 63–75.
Boyatzis, E. R. (2008). Competencies in the 21st century. Journal of Management Development, 27(1), 5–12. https://doi.org/10.1108/02621710810840730
Buckley, R., & Caple, J. (2009). The Theory and Practice of Training. Kogan Page.
Dewi, R. (2012). Kinerja Kepala Sekolah: Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Konflik dan Efikasi Diri. Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(2), 150–156.
El Asame, M., & Wakrim, M. (2018). Towards a competency model: A review of the literature and the competency standards. Education and Information Technologies, 23(1), 225–236. https://doi.org/10.1007/s10639-017-9596-z
Endrias, W. S. H. (2014). Pengaruh gaya kepemimpinan dan budaya organisasi terhadap kinerja pegawai melalui kepuasan kerja sebagai variabel intervening (Studi kasus pada kantor pelayanan pajak pratama Ruteng). Mix: Jurnal Ilmiah Manajemen, 4(1), 70–82.
Hartini, S. (2012). Pengaruh Kualifikasi Akademik, Pengalaman Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Kepala Sekolah Dasar Se Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(3), 331–344.
Ismail, K., Nopiah, Z. M., Rasul, M. S., & Leong, P. C. (2017). Malaysian teachers’ competency in technical vocational education and training: A review. In Regionalization and Harmonization in TVET. https://doi.org/10.1201/9781315166568-12
Kemendikbud. (2012). Pedoman Penilaian Kinerja Kepala Sekolah/ Madrasah. Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjamin Mutu Pendidikan Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan.
Kholik, A. (2020). Model Kirkpatrik dalam evaluasi program pendidikan dan pelatihan penguatan Kepala Sekolah. Jurnal Sipatokkong BPSDM Sulawesi Selatan, 1(3), 219–226.
Landy, J. F., & Conte, M. J. (2010). Work in the 21st Century: An Introduction to Industrial and Organizational Psychology (3rd ed.). McGraw-Hill.
Mulyasari, I. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Kompetensi Terhadap Kinerja Pegawai. Journal of Management Review, 2(2), 190–197. https://doi.org/10.25157/jmr.v2i2.1786
Murtiningsih, Kristiawan, M., & Lian, B. (2019). The Correlation Between Supervision of Headmaster and Interpersonal Communication. European Journal of Education Studies, 6(1), 246–256. https://doi.org/10.5281/zenodo.2649535
Pakpahan, E. S. (2014). Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan Terhadap Kinerja Pegawai (Studi Pada Badan Kepegawaian Daerah Kota Malang). Jurnal Administrasi Publik Mahasiswa Universitas Brawijaya, 2(1), 116–121.
Pusveni, E., Yuliejantiningsih, Y., & Roshayanti, F. (2020). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Sekolah Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Brebes. Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(2), 150–160.
Ratmawati, T. (2011). Kualifikasi, Intensitas Diklat, Lingkungan, Motivasi Kerja, dan Kompetensi Kepala Sekolah. Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(6), 476–481.
Rivai, V., & Mulyadi, D. (2012). Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Rajawali Pres.
Rokhmaniyah. (2017). Pengaruh Pengetahuan Tentang Manajemen Terhadap Kinerja Kepala Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan, 363–371.
Safitri, A., & Yusiyaka, R. A. (2020). Pengelolaan Diklat Penguatan Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Kompetensi Kepala Sekolah (Studi Kepala Sekolah Sdn Di Kabupaten Sukabumi). Jurnal Obor Penmas, 3(1), 203–213.
Saks, A. M., & Haccoun, R. R. (2010). Managing Performance Through Training and Development: Amazon (5th ed.). Nelson Education.
Santoso, N. I. (2013). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru SMK Budi Mulia Tangerang. Mix: Jurnal Ilmiah Manajemen, 3(3), 272–283.
Setyadi, D., & Sriekaningsih, A. (2015). The Effect Of Competence And Motivation And Cultural Organization Towards Organizational Commitment And Performance On State University Lecturers In East Kalimantan Indonesia. European Journal of Business and Management, 7(17), 208–219.
Suhardi. (2012). Pengaruh Peran Aktif Komite Sekolah dan Kinerja Kepala Sekolah terhadap Mutu SMK di Kabupaten Pemalang. Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1), 96–101.
Suhardiman, B. (2011). Pengaruh Rekrutmen, Kompetensi, dan Sistem Kompensasi Terhadap Kinerja Kepala Sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan, 13(2).
Suparno, & Sudarwati. (2014). Pengaruh Motivasi, Disiplin Kerja Dan Kompetensi Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Pendidikan Kabupaten Sragen. Jurnal Paradigma, 12(01), 12–25.
Utama, N. (2019). Pengaruh Pelatihan Kerja, Kepemimpinan, Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Mix: Jurnal Ilmiah Manajemen, 5(3), 386–399.
Vadhillah, S. (2021). Kinerja Kepala Sekolah Dasar Di Kabupaten Agam Dan Kota Bukittinggi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 92–101.
Valle, R., Martin, F., Romero, P. M., & Dolan, S. L. (2000). Business strategy, work processes and human resource training: are they congruent. Journal of Organizational Behavior, 21(3), 283–297. https://doi.org/10.1002/(SICI)1099-1379(200005)21:3<283::AID-JOB16>3.0.CO;2-C
DOI: http://dx.doi.org/10.22441/mix.2021.v11i3.005
Refbacks
- There are currently no refbacks.
MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen
Journal URL: http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/Jurnal_Mix
Journal DOI: 10.22441/jurnal_mix
P-ISSN: 2088-1231
E-ISSN: 2460-5328
Editor's Address:
Magister Management Department, Universitas Mercu Buana.
Tedja Buana Building 4th Floor.
Jl. Menteng Raya No. 29, Jakarta 10340.
The Journal is Indexed and Abstracting by: