CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY: KONSEKUENSI PRAKTIK DAN HUBUNGANNYA DENGAN CORPORATE IMAGE DAN LOYALITAS PELANGGAN

Fatik Rahayu, Fadhel Audia Yusran

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji keterkaitan variabel Corporate Social Responsibility (CSR), Corporate Image dan Customer Loyalty. Data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner yang sudah diuji validitas dan reliabilitasnya pada 170 responden dengan kriteria konsumen yang memahami CSR serta pernah menggunakan jasa dari sebuah hotel yang sudah menerapkan CSR. SEM digunakan untuk menguji model penelitian dan menguji semua hipotesis yang diajukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model fit dan CSR berpengaruh baik secara langsung maupun melalui Corporate Image terhadap Customer Loyalty. Oleh karena itu, untuk meningkatkan Corporate Image dan Customer Loyalty, manajer dapat mengelola praktik CSR dengan baik.


Keywords


CSR, Corporate Image, Customer Loyalty

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.22441/mix.2020.v10i1.005

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen
Journal URL: http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/Jurnal_Mix
Journal DOI: 10.22441/jurnal_mix
P-ISSN: 2088-1231
E-ISSN: 2460-5328

Editor's Address:

Magister Management Department, Universitas Mercu Buana.
Tedja Buana Building 4th Floor.
Jl. Menteng Raya No. 29, Jakarta 10340.

The Journal is Indexed and Abstracting by:

 

Web
Analytics Made Easy - StatCounter
View My Stats