Peran Perilaku Konsumen Komunitas Merek Online Terhadap Kepercayaan Konsumen dan Loyalitas: Studi Pada Komunitas Online MiFans

Mario Aji Ramadhan, Arif Hartono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran perilaku konsumen komunitas merek online terhadap kepercayaan konsumen dan loyalitas yang dilakukan pada komunitas merek online (Virtual Brand Community atau VBC) Xiaomi atau Mifans community. Penelitian ini menarik untuk dilakukan karena tema penelitian perilaku konsumen dalam sebuah komunitas merek online di Indonesi masih jarang dilakukan. Terlebih penelitian yang menyatukan variabel seperti: (1) identifikasi komunitas merek online; (2) kepuasan komunitas merek online; (3) partisipasi komunitas merek online; (4) kepercayaan konsumen; dan (5) loyalitas komunitas online merek sebuah mobilephone belum pernah dilakukan. Responden penelitian ini adalah 220 anggota komunitas online Xiaomi atau Mifans. Pengumpulan data menggunakan angket yang disebarkan melalui website mifans.com. Analisis data dengan menggunakan structural equation modelling (SEM). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) identifikasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen VBC merek Xiaomi; (2) kepuasan berpengaruh signifikan terhadap partisipasi konsumen VBC merek Xiaomi; (3) partisipasi berpengaruh signifikan terhadap tingkat kepercayaan konsumen VBC Xiaomi; dan (4) tingkat kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen VBC Xiaomi. Kontribusi penelitian terhadap pengayaan literatur dan implikasi manajerial juga disajikan dalam penelitian ini.

Keywords


Komunitas merek online, kepercayaan, loyalitas, partisipasi, identifikasi, kepuasan.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.22441/mix.2020.v10i2.009

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen
Journal URL: http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/Jurnal_Mix
Journal DOI: 10.22441/jurnal_mix
P-ISSN: 2088-1231
E-ISSN: 2460-5328

Editor's Address:

Magister Management Department, Universitas Mercu Buana.
Tedja Buana Building 4th Floor.
Jl. Menteng Raya No. 29, Jakarta 10340.

The Journal is Indexed and Abstracting by:

Web Analytics Made Easy - StatCounter
View My Stats

<a >Owner: J4M4L

Slot777

Slot777

slot777

slot

scatter hitam

scatter hitam

SLOT88

SLOT88

SLOT777

SLOT777

Scatter Hitam

Scatter Hitam

https://semarangloker.id/

Scatter Hitam

Slot Thailand

Scatter Hitam

lk21

croxyproxy

bokep

https://venator.edu.pl/

http://ametconstruct.pl/

toto macau

https://dobraprzestrzen.edu.pl/

https://chars.edu.vn/

slot gacor

situs toto

slot gacor

slot88

nana4d

rokokbet

slot

slot

slot gacor

https://togelviral.org/

Owner: BABON

Penjual Gorengan Jadi Pengusaha Kafe Berkat Mahjong Ways

Petani Sukses Menyekolahkan Anaknya Karena Menang Mahjong Ways

Tukang Bubur Bisa Naik Haji Karena Menang Maxwin di Mahjong Ways

Sukses Renovasi Rumah Berkat Kemenangan Di Mahjong Ways Kesaksian Kemenangan Tukang Bakso

<a >Owner: KEEPGAULI

slot88

Slot777

Slot777

http://journals.sbmu.ac.ir/ch/

https://journal.brajamustipublication.com/

slot777