Peran Perilaku Konsumen Komunitas Merek Online Terhadap Kepercayaan Konsumen dan Loyalitas: Studi Pada Komunitas Online MiFans
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran perilaku konsumen komunitas merek online terhadap kepercayaan konsumen dan loyalitas yang dilakukan pada komunitas merek online (Virtual Brand Community atau VBC) Xiaomi atau Mifans community. Penelitian ini menarik untuk dilakukan karena tema penelitian perilaku konsumen dalam sebuah komunitas merek online di Indonesi masih jarang dilakukan. Terlebih penelitian yang menyatukan variabel seperti: (1) identifikasi komunitas merek online; (2) kepuasan komunitas merek online; (3) partisipasi komunitas merek online; (4) kepercayaan konsumen; dan (5) loyalitas komunitas online merek sebuah mobilephone belum pernah dilakukan. Responden penelitian ini adalah 220 anggota komunitas online Xiaomi atau Mifans. Pengumpulan data menggunakan angket yang disebarkan melalui website mifans.com. Analisis data dengan menggunakan structural equation modelling (SEM). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) identifikasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen VBC merek Xiaomi; (2) kepuasan berpengaruh signifikan terhadap partisipasi konsumen VBC merek Xiaomi; (3) partisipasi berpengaruh signifikan terhadap tingkat kepercayaan konsumen VBC Xiaomi; dan (4) tingkat kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen VBC Xiaomi. Kontribusi penelitian terhadap pengayaan literatur dan implikasi manajerial juga disajikan dalam penelitian ini.
Keywords
Komunitas merek online, kepercayaan, loyalitas, partisipasi, identifikasi, kepuasan.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.22441/mix.2020.v10i2.009
Refbacks
- There are currently no refbacks.
MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen
Journal URL: http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/Jurnal_Mix
Journal DOI: 10.22441/jurnal_mix
P-ISSN: 2088-1231
E-ISSN: 2460-5328
Editor's Address:
Magister Management Department, Universitas Mercu Buana.
Tedja Buana Building 4th Floor.
Jl. Menteng Raya No. 29, Jakarta 10340.
The Journal is Indexed and Abstracting by: